Saturday, November 22, 2014

DAFTAR FUNGSI PADA EXCEL

Fungsi Pada Excel

Fungsi pada Microsoft Excel merupakan suatu fasilitas dari excel untuk menghasilkan suatu nilai tertentu yang sesuai dengan permintaan user yang dimasukkan melalui argumen pada fungsi tersebut. Secara matematis, Fungsi Excel dituliskan dengan notasi seperti f(x), dimana f adalah nama fungsi dan x adalah argumen fungsi. Serupa dengan itu, Fungsi Excel juga terdiri dari nama fungsi dan argumen fungsi. Dalam hal ini, fungsi merupakan suatu mesin pengolah dengan bahan bakunya diberikan oleh user melalui argumen fungsinya. Hasil maupun bahan jenis bahan baku Fungsi Excel bergantung pada nama fungsinya.
Nama fungsi menggambarkan cara fungsi tersebut memproses argumennya untuk menghasilkan suatu nilai tertentu, misalanya, SUM(A2:A15) yang akan melakukan penjumlahan nilai-nilai pada range A2:A15. Hasil dari fungsi ini adalah jumlah dari nilai-nilai yang berada pada range A2:A15.. Umumnya, arrgumen suatu fungsi terdiri dari beberapa parameter. Misalnya, argumen dari SUMIF(A2:A15,">50") memiliki lebih dari saru parameter. A2:A5 dan ">50". Dilain pihak, bebrapa fungsi bahkan tidak memerlukan parameter, misalnya, NOW()., PI(), RAND(), dan lain-lain.
Fungsi Excel memiliki arti penting dalam Penerapan Excel. Dalam proses Belajar Microsoft Excel, pemahaman yang mendalam terkait dengan fasilitas dari Funsi Excel yang tersedia dapat sangat membantu menghemat waktu dan energi saat memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Seperti halnya pada Microsoft Excel, disini kami juga akan mengelompokkan Fungsi Excel seperti yang ditunjukkan pada link Daftar Fungsi Excel berikut ini.

Daftar Kelompok Fungsi Pada Excel